Selasa, 31 Mei 2016

Cara Menanam Buah Rosela dan Khasiat Bunga Rosela

Assalamualaikum Wr.Wb
Pada kesempatan ini ane akan membahas tentang bunga rosela. Bunga rosela ini cukup mudah penanamanya dan cepat mendapatkan hasil dari tanaman ini. Untuk menanam ini tidak perlu menanam di tanah yang luas, cukup di halaman rumah. Selain dapat memperindah halaman rumah, bunga rosela ini dapat dimanfaatkan untuk dinikmati dan rasakan khasiat dari bunga rosela ini.
Langsung aja ane akan langsung membahas bagaimana cara menanamnya.

 1. Benih tanaman rosela ini berasal dari bijinya, untuk membuat benih ini. Pertama tama keringkan        biji yang ada di dalam bunga rosela ini sekitar 3 hari, sampai biji terlihat kecoklat coklatan, buka        cangkang yang menutupi biji sebenarnya ( aduh bahasanya belibet :v ).
2. Setelah benih tersebut kering, biji di semai di tanah yang gembur.
3. Setetelah 2-3 minggu tanaman bunga rosela sudah berukuran 5-7 cm dan bisa dipindahkan ke             polybag.
4. Setelah di polybag, biarkan pohon tumbuh sampai berukuran 20cm sebelum akhirnya dipindahkan     ke tempat yang diiinginkan (bisa di halaman rumah, di kebun, dan tempat yang memungkinkan           untuk menempatkan pohon rosela ini)

Sebelum memindahkan Pohon rosela ini kita sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu tempatnya.
buatlah lubang tidak terlalu dalam dan tidak terlalu dangkal, karena jika terlalu dalam bisa mempengaruhi pertumbuhan pada pohon rosela dan jika terlalu dangkal saat pohon sudah besar berat pohon akan membuat lubang tidak mampu menahan akar akar dari rosela.

5. Dalam masa pertumbuhan rosela ini perawatan nya terbilang mudah, pohon rosela ini                           membutuhkan sinar matahari dan air secukupnya. Siramlah pohon ini setiap sore secukupnya               jangan sampai air yang terlalu banyak karena dapat membuat batang pada pohon ini busuk.
6. Setelah 4 bulan proses pertumbuhan pohon rosela sudah mengeluarkan bunga nya yang siap              dipanen. Dipanen dengan menggunakan gunting besi dan dipisahkan antara bunga dengan                    bijinya,Keringkan biji ini 3-4 hari.

Teh bunga rosela
Gunakan 3-4 bunga rosela,200 ml air panas,dan gula seperlunya.Seduh bunga rosela dengan air panas kurang lebih selama 5 menit dan tambahkan gula seperlunya.
Khasiat bunga rosela
1.  Membantu menurunkan darah tinggi
2.  Mengobati penyakit asam urat
3.  Membantu dalam metabolisme dalam tubuh
4.  Mengobati penyakit diabetes
5.  Mencegah sariawan dan panas dalam
6.  Membantu melangsingkan tubuh
7.  Membantu menghambat terjadinya penumbuhan sel kangker
8.  Menambah vitalitas
9.  Mencegah penyakit batuk dan flu
10.Sebagai salah satu antioksidan alami.

Sekian pembahasan cara menanam dan khasiat bunga rosela.Cukup sekian artikel ini semoga dapat membantu dan bermanfaat, mohon maaf apabila ada kata kata yang sulit dimengerti,Silahkan berkomentar dan berbagi kepada keluarga,teman,sahabat,tetangga.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html